Jumat, 17 Desember 2010

Orang Bugis adalah Perantau

Suku Bugis memang dikenal sebagai suku perantau, dimana sebagian besar orang bugis turun temurun melakukan perantauan. Memang seperti sebuah tradisi, namun hal ini dapat juga kita lihat nenek moyang orang bugis yang mampu berlayar mengarungi samudra luas. Terlebih lagi perahu yang digunakan adalah perahu layar yang lebih dikenal dengan "Perahu Pinisi".
Jadi jangan heran bila di beberapa tempat dapat kita temui orang-orang bugis baik yg bermukim maupun yang hanya sementara. Dijakarta contohnya, ada beberapa tempat yang bisa kita temui terdapat orang-orang bugis yang bermukim. seperti di kampung makassar, di tanjung priok, dll sebagainya.
Bahkan di luar negeri pun Bugis dikenal, seperti contohnya di singapore ada sebuah jalan yang dinamakan "Bougies Street" bahkan ada sebuah pusat perbelanjaan yang namanya tidak asing lagi dengan suku bugis.
Ini merupakan contoh kecil dari beberapa tempat perantauan suku bugis, dimana mereka memijakkan kaki untuk sebuah pengalaman dan petualangan.
Suku bugis merupakan suku yang besar dan sangat dikenal, karena itu suku bugis yang berasal dari daerah "sulawesi selatan" tepatnya di bone, soppeng, wajo, sinjai, bulukumba, maros, dan dibeberapa tempat lain, menempatkan diri pada suatu perubahan yang besar, dengan arus globalisasi dan kecanggihan tekhnologi, tidak menyurutkan semangat mereka untuk terus berkreasi demi bangsa dan negara ini.
Walaupun demikian Suku bugis tetap komitmen pada adat istiadat yang selama ini mereka jalankan, melalui beberapa tradisi, adat, dan hal hal yang berbau mistik sekalipun.
Demikianlan Bugis yang terkenal sebagai suku perantauan.


salama'
Selanjutnya »

Senin, 06 Desember 2010

Kebiasaan Kata kata Sopan Orang Bugis

Beberapa orang menganggap suku bugis itu kurang sopan dalam berkata kata atau dalam logatnya, tapi itu sebenarnya karena orang2 tersebut belum mengerti bagaimana kata-kata sopan itu di gunakan oleh orang bugis.

namun sebagian besar pulang mengatakan bahwan suku bugis asli sangatlah berAdat dan penuh dengan sopan santun, karena memang itulah kenyataannya. banyak kata-kata yang sebenarnya harus dipahami oleh orang lain dalam pergaulannya di lingkungan adat BUGIS.

Tapi, dalam postingan kali ini akan saya contohkan beberapa kata yang sopan dan sering digunakan dalam keseharian orang bugis.


Contohnya "iye'" yang kalau dalam bahasa bakunya "iya". menggunakan kata "iye'" adalah sopan bagi orang bugis, apalagi dalam berbicara kepada orang yg lebih tua atau orang yg di hormati. namun sebaliknya, menjawab dengan kata"iyo" adalah sangat tidak sopan dan dianggap kurang ajar.


masih banyak contoh2 lain yang dapat kita pelajari, mungkin ada dari teman teman yg lain yang bisa memberikan komentar ataupun masukan tentang kata-kata sopan dalam bahasa bugis.
bagi yang mau bertanya juga akan kami tanggapi dengan senang hati.


pintu kami akan selalu terbuka bagi siapa saja, yang penting dengan niat yang baik.


terima kasih

Selanjutnya »

 

counters