Senin, 06 Desember 2010

Kebiasaan Kata kata Sopan Orang Bugis

Beberapa orang menganggap suku bugis itu kurang sopan dalam berkata kata atau dalam logatnya, tapi itu sebenarnya karena orang2 tersebut belum mengerti bagaimana kata-kata sopan itu di gunakan oleh orang bugis.

namun sebagian besar pulang mengatakan bahwan suku bugis asli sangatlah berAdat dan penuh dengan sopan santun, karena memang itulah kenyataannya. banyak kata-kata yang sebenarnya harus dipahami oleh orang lain dalam pergaulannya di lingkungan adat BUGIS.

Tapi, dalam postingan kali ini akan saya contohkan beberapa kata yang sopan dan sering digunakan dalam keseharian orang bugis.


Contohnya "iye'" yang kalau dalam bahasa bakunya "iya". menggunakan kata "iye'" adalah sopan bagi orang bugis, apalagi dalam berbicara kepada orang yg lebih tua atau orang yg di hormati. namun sebaliknya, menjawab dengan kata"iyo" adalah sangat tidak sopan dan dianggap kurang ajar.


masih banyak contoh2 lain yang dapat kita pelajari, mungkin ada dari teman teman yg lain yang bisa memberikan komentar ataupun masukan tentang kata-kata sopan dalam bahasa bugis.
bagi yang mau bertanya juga akan kami tanggapi dengan senang hati.


pintu kami akan selalu terbuka bagi siapa saja, yang penting dengan niat yang baik.


terima kasih

4 komentar:

yus mengatakan...

penggunaan kata akhiran ki' atau ko
seperti siniki' atau siniko yg artinya kamu kesini.
"siniki'" adalah kata sopan dan "siniko" adalah kata kasar/kurang sopan. padahal artinya sama yah

Anonim mengatakan...

kata Anda/kamu dalam bhs sopan bugis artinya kita/idi', tapi bhs indonesia kita=kami, hmmm tulisan & penyebutan sama tapi maknanya beda yah...

Anonim mengatakan...

kata iya dalam bahasa bugis kesan kata: "iye" (sopan), "iyo"(kasar). bahkan kata iya saja dianggap masih dianggap kurang sopan dalam keluarga saya.
imbuhan -ta dan -mu. contoh: punyata (ini sopan), sebaliknya punyamu (kasar)
lewat di dpan orang2 lebih tua harus bilang "tabe"

andi julaiha andi hamid mengatakan...

Agree..kami d malaysia kebanyakan masih kekalkan bahasa2 bugis yg sopan walaupun sudah fasih berbahasa malaysia atau dialek bhs lain. Namun tidak semua.. bagi yg kahwin campur misalnya, sedih melihat mereka yg lansung tidak paham bahasa bugis..anak2 zaman sekarang sgt kurang yg boleh paham n bertutur bhs bugis.

Posting Komentar

 

counters